Diposkan   02 Juni 2022   00:00 WIB   Oleh : UPPD Kota Magelang   Liputan Daerah

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

 

Rabu, 01 Juni 2022 seluruh pejabat dan pegawai UPPD Kota Magelang mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila  secara virtual. Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini dilaksanakan secara hybrid yaitu secara luring dan daring. Adapun pelaksanaannya di pusatkan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dan pertama kalinya dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta.

Kota Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenal sebagai tempat pengasingan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno, saat masa penjajahan Belanda. Ir. Soekarno suka merenung selama berjam-jam di sebuah taman di Kota Ende, tepatnya di bawah pohon sukun yang rindang. Buah dari renungan di bawah pohon sukun tersebutlah yang melahirkan tiap butir nilai kehidupan dalam Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia. Itulah mengapa Kota Ende kerap disebut juga sebagai “Kota Pancasila”.

Dalam amanatnya Presiden Jokowi mengajak serta mengingatkan seluruh generasi muda anak bangsa, untuk mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila. Presiden Jokowi juga mengajak seluruh anak–anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengimplementasikan nilai – nilai Pancasila di setiap lini kehidupan.

Upacara ini diikuti oleh seluruh Kementrian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah. Turut hadir secara luring dan daring, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden RI ke-6 Tri Sutrisno, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Frederick, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, para Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Kepala BPIP Yudian Wahyudi, serta Bupati Ende Djafar Achmad.


Share:


Liputan Utama indeks
Liputan Daerah indeks