Diposkan   27 Juni 2022   12:00 WIB   Oleh : UPPD Kota Magelang   Liputan Daerah

Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Capacity Building Security UPPD Kota Magelang dan UPPD Kab. Magelang

Kegiatan Pembinaan dan Pelatihan Capacity Building Security UPPD Kota Magelang dan UPPD Kab. Magelang

Capacity Building Security merupakan program rutin UPPD Kota Magelang setiap triwulan untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan tenaga sekuriti.  PT Rey Mitra Perkasa merupakan rekanan jasa keamanan UPPD Kota Magelang dan UPPD Kab. Magelang yang didapuk untuk melakukan pembinaan dan pelatihan bersama Capacity Building Security.

Sejumlah 18 personil gabungan sekuriti UPPD Kota Magelang dan UPPD Kab. Magelang yang mengikuti pelatihan ini diharapkan dapat saling bertukar pengalaman antar sekuriti dan bersemangat menyemarakkan kegiatan Capacity Building Security  yang dihelat oleh UPPD Kota Magelang.

Pelatihan dilaksanakan pada pukul 07.00 – 09.30 WIB  pada hari Minggu, 26 Juni 2022 di halaman UPPD Kota Magelang. Kegiatan dimulai dengan senam penyegaran jasmani dan dilanjutkan dengan latihan PBB yang dipimpin oleh P. Purwito dan P. Indra Setiawan selaku pelatih dari PT. Ray Mitra Perkasa.  Latihan selanjutnya adalah lari memutari halaman UPPD Kota Magelang dan Periksa Kerapian. Pelatihan fisik  ini bertujuan untuk meningkatkan stamina dan kedisiplinan sekuriti.

Setelah pelatihan fisik selesai, P. Purwito mendemonstrasikan pemadaman kebakaran dengan APAR , kemudian satu per satu sekuriti berlatih memadamkan api. Pelatihan penggunaan APAR bertujuan untuk membentuk tenaga sekuriti yang siap dan sigap mengatasi situasi dan kondisi genting yang berkaitan dengan kobaran api. Kantor Layanan Samsat merupakan tempat pelayanan publik yang sangat rentan terhadap bahaya kebakaran sehingga dengan adanya sekuriti yang terlatih dan memiliki kemampuan pemadaman api dapat meminimalisir resiko kerusakan akibat kebakaran sehingga kantor selalu dalam keadaan aman dan terkendali.

Kegiatan ditutup dengan evaluasi kinerja sekuriti dan penekanan terkait SOP. Semua kegiatan terlaksana dengan baik dan lancar. Tujuan pembinaan dan pelatihan Capacity Building Security ini adalah untuk meningkatkan kinerja melalui pelatihan-pelatihan baik materi dasar dan lanjutan, serta pelatihan SOP (Standar Operasional Prosedur) sehingga sekuriti memiliki kemampuan bertugas yang memenuhi syarat-syarat dan ketentuan di dalam SOP tersebut.

 


Share:


Liputan Utama indeks
Liputan Daerah indeks